Minggu, 14 Oktober 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Negosiasi




Nama Sekolah               : SMK Negeri 1 BGR
Mata Pelajaran             : Kompetensi Kejuruan  (Pemasaran)
Kelas/Semester            : XI/I
Pertemuan Ke-              : 1  s.d. 6 (Bila diberikan 4 jam/minggu)
Alokasi Waktu               : 24 Jam @ 45 menit
Standar Kompetensi     : Melaksanakan Negosiasi
Kompetensi Dasar         : Memberikan tanggapan terhadap keberatan dari calon
                                           Pelanggan (3.1)
Indikator    :
1.    Landasan pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
2.    Keberatan dari calon pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati
3.    Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya
4.    Keberatan calon pelanggan diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya
5.    Setiap keberatan ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar

I.       Tujuan Pembelajaran :

Setelah pembelajaran ini peserta didik dapat :

Pertemuan 1 :
1.    menjelaskan tentang landasan pemikiran negosiasi bisnis
2.    manjelaskan syarat-syarat menjadi seorang negosiator

Pertemuan 2 :
1.    manjelaskan teknik dasar menjadi seorang negosiator
2.    memahami kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang negosiator

Pertemuan 3 :
1. menanggapi keberatan calon pelanggan dengan menunjukkan sikap simpati  
2. menanggapi keberatan calon pelanggan dengan menunjukkan sikap empati

Pertemuan 4 :
1.    mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan
2.    mengidentifikasi target pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya

Pertemuan 5 :
1.    mengidentifikasi keberatan calon pelanggan berdasarkan jenis keberatan
2.    mengidentifikasi keberatan calon pelanggan berdasarkan tingkatan keberatan

Pertemuan 6 :
1.    menampung setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2.    menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar

II.      Materi Ajar                             : Modul Melaksanakan Negosiasi
Pertemuan 1 :
1.    Landasan pemikiran negosiasi bisnis
2.    Syarat-syarat menjadi seorang negosiator

Pertemuan 2 :
1.    Teknik dasar menjadi seorang negosiator
2.    Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang negosiator

Pertemuan 3 :
1. Cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati  
2. Cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap empati

Pertemuan 4 :
1. Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan
2. Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya

Pertemuan 5 :
1.    Cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis keberatan
2.    Cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan  tingkatan keberatan

Pertemuan 6 :
1.    Cara menampung setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2.    Cara menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar

III. Metode Pembelajaran     :
1.      ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      fortofolio

 IV.  Kegiatan  Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan Awal   :
1.    Peserta didik mendengarkan penjelasan topik dan manfaat kompetensi yang akan dipelajari, guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
1.    Pre test tentang landasan pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syaratnya.
2.    Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang strategi pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari.
3.    Peserta didik  menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.

B.   Kegiatan Inti :

1.    Peserta didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi khsususnya tentang pengertian, landasan pemikiran tdan syarat-sayarat tentang                      negosiasi bisnis
2.    Menggali informasi  tentang Melaksanakan Negosiasi. Selama diskusi guru mengamati dan mengarahkan pelaksanaan diskusi. (masing-masing kelompok mendiskusikan Melaksanakan Negosiasi, hasil diskusi dirangkum dalam laporan)
3.    Peserta didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
 Kelompok 1 :           membahas pengertian, landasan pemikiran tentang
                      negosiasi bisnis
     Kelompok 2  : membahas tentang syarat-syarat menjadi seorang
                          Negosiator
 Kelompok 3  :  membahas landasan pemikiran negosiasi bisnis berikut
                       syarat-syaratnya
4.    Kelompok 1 mempresentasikan hasil diskusi, dan ditanggapi kelompok lainnya;
5.    Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
6.    Guru menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil diskusi kelompok.

C. Kegiatan Akhir :

1.  Menyimpulkan pelajaran bersama dengan peserta didik
2. Memberikan kesimpulan hasil belajar yang diperoleh peserta diklat (termasuk memperbaiki apabila terdapat kesalahan yang ditemukan peserta diklat selama proses belajar)
3.  Guru melakukan evaluasi hasil belajar (melalui tes tulis)
4.  Membuat rangkuman hasil belajar secara tertulis, secara individu
5. Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya;
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal   :
1.    Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran , manfaat hasil belajar yang akan diperoleh peserta diklat dan menyampaikan strategi belajar yang akan diikuti peserta diklat dalam penggunaan  modul.
2.    Peserta didik  menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.
3.    Pre test  tentang teknik dasar dan kemampuan dasar  menjadi seorang negosiator.
2.  Peserta didik diingatkan materi sebelumnya tentang landasan pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syarat menjadi negosiator

B.   Kegiatan Inti :
1.   Peserta didik membaca modul ” Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Teknik dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang negosiator
2.   Kelompok 2 (dua) mempresentasikan materi tentang teknik dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang negosiator.
3.   Kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 2 (dua)
4.   Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1.    Post test tentang materi teknik dasar dan kemampuan dasar  menjadi seorang negosiator.
2.    Membuat laporan hasil diskusi tentang macam-macam keberatan pelanggan dan cara mengatasinya dalam bentuk fortofolio
3.    Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya.

Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal   :

1.    Pre test  tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati .
2.    Pemberian appersepsi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati dan mengaitkannya dengan materi yang akan didiskusikan.
3.    Peserta didik  menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar
B. Kegiatan Inti :
1.    Peserta didik membaca modul ” Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati
2.    Kelompok 3 (tiga) mempresentasikan tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati
3.    Kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 3 (tiga).
4.    Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.

C. Kegiatan Akhir :
1.    Post test tentang materi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati
2.    Membuat laporan hasil diskusi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan  dengan sikap simpati dan empati dalam bentuk fortofolio
3.    Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya.

Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal   :
1.    Berdoa dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri Peserta didik bahwa pengembangan diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
2.    Peserta didik dibagi lembar kerja untuk praktik yang akan dilakukan dan penilaian praktik yang akan dilakukan.
3.    Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
B. Kegiatan Inti :
1.    Peserta didik membaca modul ”mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan”
2.    Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan
3.    Peserta didik praktik tentang mengidentifikasi target pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya
C. Kegiatan Akhir :
- Tes praktik  (penilaian dilakukan berdasarkan kegiatan praktik yang dilakukan dan self evaluation dari masing-masing kelompok).

Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal   :
1. Pre test  tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dan  tingkatan keberatan
2. Pemberian appersepsi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dan  tingkatan keberatan dan mengaitkannya dengan materi yang akan didiskusikan





B. Kegiatan Inti :
1.    Peserta didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan”
2.    Peserta didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
 Kelompok 1 :           membahas cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan
                      jenis
     Kelompok 2  : cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan tingkatan
 Kelompok 1 dan 2 mempresentasikan hasil diskusi, dan saling   
                      menanggapi kelompok lainnya;
3.    Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.

C. Kegiatan Akhir :
1. Membuat laporan hasil diskusi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dalam bentuk fortofolio
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya;

Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal   :
1.    Pre test  tentang menampung dan menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2.    Peserta didik diingatkan materi sebelumnya tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dan tingkatan

B. Kegiatan Inti :
1.    Peserta didik di buat 2 kelompok dengan bermain peran (Roll play), kelompok 1 bertindak sebagai negosiator, sementara kelompok 2 bertindak sebagai calon pelanggan.
2.    Masing-masing peserta didik mencari pasangan antara kelompok 1 dengan kelompok 2.
3.    Masing-masing pasangan melakukan negosiasi tentang suatu masalah (misalnya masalah Jual beli Barang elektronik berupa Komputer merk Zyrex)
4.    Bermain peran dibimbing di bawah pengawasan guru

C. Kegiatan Akhir :
-    Klarifikasi hasil diskusi oleh guru
-    Membuat laporan hasil roll play  tentang tentang menampung dan menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar dalam bentuk fortofolio



V.  Alat/Bahan/Sumber Belajar      

1. Alat             : - Kotak saran (sugestion Box)                          
                        -  Format saran
2. Bahan          : - Keberatan / komplain pelanggan
3. Sumber Belajar  : - Modul melaksanakan negoisasi

Penilaian :

a.    Tes  tulis dengan (soal essai dan pilihan ganda)
b.    Penilaian kinerja dengan praktik
c.    Hasil laporan dinilai ( kebenaran isi (60), kerapian (20), dan tata tulis (20)) = NL
d.    Nilai KD = 40 % XNT + 60% x NL
  


Pemetaan Penilaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator
Pemetaan standar kompetensi ini memudahkan guru dalam menentukan teknik penilaian.

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah
P
S
K
Melaksanakan Negosiasi





Memberikan tanggapan  terhadap keberatan dari calon pelanggan




·    Landasan pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
·    Keberatan dari calon pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati

·    Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya

·    Keberatan calon pelanggan diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya

·    Setiap keberatan ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar

V























V




V



V



V









V




V



V



V


  
No
SK
KD
Indikator
Teknik Penilaian
Tes
Perfm
Proy
…..
1
Melaksanakan Negosiasi





Memberikan tanggapan  terhadap keberatan dari calon pelanggan




·    Landasan pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator

·    Keberatan dari calon pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati

·    Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya

·    Keberatan calon pelanggan diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya

·    Setiap keberatan ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar

V

























V





V



V




V









Tidak ada komentar:

Posting Komentar