Nama Sekolah :
SMK Negeri 1 BGR
Mata Pelajaran :
Kompetensi Kejuruan (Pemasaran)
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan Ke- :
1 s.d. 6 (Bila diberikan 4 jam/minggu)
Alokasi Waktu :
24 Jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Melaksanakan Negosiasi
Kompetensi Dasar : Memberikan tanggapan terhadap
keberatan dari calon
Pelanggan (3.1)
Indikator :
1. Landasan
pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan
syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
2. Keberatan
dari calon pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati
3. Target
pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya
4. Keberatan
calon pelanggan diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya
5.
Setiap keberatan ditampung dan disalurkan dalam
proses tawar-menawar
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini peserta didik dapat :
Pertemuan 1 :
1.
menjelaskan tentang landasan
pemikiran negosiasi bisnis
2.
manjelaskan syarat-syarat menjadi seorang negosiator
Pertemuan 2 :
1.
manjelaskan teknik dasar menjadi seorang negosiator
2.
memahami kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang
negosiator
Pertemuan 3 :
1. menanggapi
keberatan calon pelanggan dengan menunjukkan sikap simpati
2. menanggapi
keberatan calon pelanggan dengan menunjukkan sikap empati
Pertemuan 4 :
1.
mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara ditenangkan
2.
mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya
Pertemuan 5 :
1. mengidentifikasi
keberatan calon pelanggan berdasarkan jenis
keberatan
2. mengidentifikasi
keberatan calon pelanggan berdasarkan tingkatan
keberatan
Pertemuan 6 :
1. menampung setiap keberatan calon pelanggan dalam
proses tawar-menawar
2. menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam
proses tawar-menawar
II. Materi Ajar : Modul
Melaksanakan Negosiasi
Pertemuan 1 :
1.
Landasan
pemikiran negosiasi bisnis
2.
Syarat-syarat menjadi seorang negosiator
Pertemuan 2 :
1.
Teknik dasar menjadi seorang negosiator
2.
Kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang
negosiator
Pertemuan 3 :
1. Cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap
simpati
2. Cara menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap empati
Pertemuan 4 :
1. Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan
2. Cara mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya
Pertemuan 5 :
1. Cara
mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis
keberatan
2.
Cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan tingkatan
keberatan
Pertemuan 6 :
1. Cara menampung setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2. Cara menyalurkan
setiap keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
III. Metode Pembelajaran :
1. ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. fortofolio
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
A. Kegiatan Awal :
1.
Peserta didik mendengarkan penjelasan topik dan manfaat
kompetensi yang akan dipelajari, guna mengkondisikan dan memotivasi peserta
didik untuk belajar.
1.
Pre test tentang landasan
pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syaratnya.
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang strategi
pembelajaran serta cara penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi
yang dipelajari.
3. Peserta
didik menyimak prosedur/lingkup
penilaian hasil belajar.
B.
Kegiatan Inti :
1.
Peserta didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi
khsususnya tentang pengertian, landasan
pemikiran tdan syarat-sayarat tentang negosiasi bisnis
2. Menggali
informasi tentang Melaksanakan
Negosiasi. Selama diskusi guru mengamati dan mengarahkan pelaksanaan diskusi. (masing-masing kelompok mendiskusikan
Melaksanakan Negosiasi, hasil diskusi dirangkum dalam laporan)
3.
Peserta
didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
Kelompok 1 :
membahas pengertian, landasan pemikiran tentang
negosiasi bisnis
Kelompok 2 : membahas tentang syarat-syarat menjadi seorang
Negosiator
Kelompok 3
: membahas landasan pemikiran negosiasi bisnis
berikut
syarat-syaratnya
4.
Kelompok
1 mempresentasikan hasil diskusi, dan ditanggapi kelompok lainnya;
5.
Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
6. Guru
menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil diskusi kelompok.
C. Kegiatan Akhir :
1. Menyimpulkan pelajaran
bersama dengan peserta didik
2. Memberikan kesimpulan hasil belajar yang diperoleh peserta diklat
(termasuk memperbaiki apabila terdapat kesalahan yang ditemukan peserta diklat
selama proses belajar)
3. Guru melakukan evaluasi hasil
belajar (melalui tes tulis)
4. Membuat rangkuman hasil
belajar secara tertulis, secara individu
5. Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu
berikutnya;
Pertemuan 2
A. Kegiatan
Awal :
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran ,
manfaat hasil belajar yang akan diperoleh peserta diklat dan menyampaikan
strategi belajar yang akan diikuti peserta diklat dalam penggunaan modul.
2.
Peserta didik
menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.
3. Pre
test tentang teknik dasar dan kemampuan
dasar menjadi seorang negosiator.
2. Peserta didik diingatkan
materi sebelumnya tentang landasan
pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syarat menjadi negosiator
B.
Kegiatan
Inti :
1.
Peserta didik membaca modul ” Melaksanakan Negosiasi
khususnya tentang Teknik
dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang negosiator”
2.
Kelompok 2 (dua) mempresentasikan materi tentang teknik
dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang negosiator.
3.
Kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 2
(dua)
4.
Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil
diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1.
Post test tentang materi teknik dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang negosiator.
2. Membuat laporan hasil diskusi tentang macam-macam
keberatan pelanggan dan cara mengatasinya dalam bentuk fortofolio
3.
Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan
minggu berikutnya.
Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal :
1.
Pre test tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan empati .
2.
Pemberian appersepsi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap simpati dan empati dan mengaitkannya dengan materi
yang akan didiskusikan.
3.
Peserta didik
menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar
B. Kegiatan Inti :
1.
Peserta didik membaca modul ” Melaksanakan
Negosiasi khususnya tentang Cara menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap simpati dan empati”
2.
Kelompok 3 (tiga) mempresentasikan tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan empati
3.
Kelompok lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 3 (tiga).
4.
Presentasi diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil
diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1. Post
test tentang materi tentang cara
menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap simpati dan empati
2. Membuat laporan hasil diskusi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan empati dalam bentuk
fortofolio
3.
Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan
minggu berikutnya.
Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal :
1.
Berdoa
dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri Peserta didik bahwa pengembangan
diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
2.
Peserta
didik dibagi lembar kerja untuk praktik yang akan dilakukan dan penilaian
praktik yang akan dilakukan.
3.
Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok.
B. Kegiatan Inti :
1.
Peserta didik membaca modul ”mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan”
2.
Peserta didik memperhatikan penjelasan tentang mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara ditenangkan
3.
Peserta didik praktik tentang mengidentifikasi target pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya
C. Kegiatan Akhir :
- Tes praktik (penilaian dilakukan berdasarkan kegiatan
praktik yang dilakukan dan self
evaluation dari masing-masing kelompok).
Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal :
1. Pre test tentang cara mengidentifikasi
keberatan berdasarkan jenis dan
tingkatan keberatan
2. Pemberian appersepsi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dan tingkatan keberatan dan mengaitkannya dengan
materi yang akan didiskusikan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Cara mengidentifikasi target pelanggan
dengan cara ditenangkan”
2. Peserta
didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
Kelompok 1 :
membahas cara mengidentifikasi keberatan
berdasarkan
jenis
Kelompok 2 : cara mengidentifikasi
keberatan berdasarkan tingkatan
Kelompok
1 dan 2 mempresentasikan hasil diskusi, dan saling
menanggapi kelompok
lainnya;
3.
Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1. Membuat laporan hasil
diskusi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis dalam bentuk fortofolio
2. Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk
pembahasan minggu berikutnya;
Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal :
1.
Pre test tentang menampung dan menyalurkan setiap keberatan calon
pelanggan dalam proses tawar-menawar
2.
Peserta didik diingatkan materi sebelumnya tentang cara mengidentifikasi
keberatan berdasarkan jenis dan tingkatan
B. Kegiatan Inti :
1.
Peserta didik di buat 2 kelompok dengan bermain peran
(Roll play), kelompok 1 bertindak sebagai negosiator, sementara kelompok 2
bertindak sebagai calon pelanggan.
2.
Masing-masing peserta didik mencari pasangan antara
kelompok 1 dengan kelompok 2.
3.
Masing-masing pasangan melakukan negosiasi tentang suatu
masalah (misalnya masalah Jual beli Barang elektronik berupa Komputer merk
Zyrex)
4.
Bermain peran dibimbing di bawah pengawasan guru
C. Kegiatan Akhir :
- Klarifikasi
hasil diskusi oleh guru
- Membuat
laporan hasil roll play tentang tentang menampung dan menyalurkan setiap keberatan calon
pelanggan dalam proses tawar-menawar dalam
bentuk fortofolio
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat : - Kotak saran
(sugestion Box)
- Format saran
2. Bahan : - Keberatan
/ komplain pelanggan
3. Sumber
Belajar : - Modul melaksanakan negoisasi
Penilaian
:
a.
Tes tulis dengan
(soal essai dan pilihan ganda)
b.
Penilaian kinerja dengan praktik
c.
Hasil laporan dinilai ( kebenaran isi (60), kerapian
(20), dan tata tulis (20)) = NL
d.
Nilai KD = 40 % XNT + 60% x NL
Pemetaan Penilaian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar
dan Indikator
Pemetaan
standar kompetensi ini memudahkan guru dalam menentukan teknik penilaian.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Ranah
|
||
P
|
S
|
K
|
|||
Melaksanakan Negosiasi
|
Memberikan tanggapan
terhadap keberatan dari calon pelanggan
|
· Landasan pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan
syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
· Keberatan dari calon pelanggan ditanggapi dengan
menunjukkan sikap simpati dan empati
· Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya
· Keberatan calon pelanggan diidentifikasi
berdasarkan jenis dan tingkatannya
·
Setiap keberatan
ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar
|
V
|
V
V
V
V
|
V
V
V
V
|
No
|
SK
|
KD
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
|||
Tes
|
Perfm
|
Proy
|
…..
|
||||
1
|
Melaksanakan Negosiasi
|
Memberikan tanggapan
terhadap keberatan dari calon pelanggan
|
· Landasan pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan
syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
· Keberatan dari calon pelanggan ditanggapi dengan
menunjukkan sikap simpati dan empati
· Target pelanggan ditenangkan dan dibesarkan hatinya
· Keberatan calon pelanggan diidentifikasi
berdasarkan jenis dan tingkatannya
·
Setiap keberatan
ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar
|
V
|
V
V
V
V
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar