Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Sekolah
: SMK Negeri 1 BGR
Mata Pelajaran
: Kompetensi
Kejuruan (Pemasaran)
Kelas/Semester : XI/I
Pertemuan Ke-
: 1
s.d. 6 (Bila diberikan 4 jam/minggu)
Alokasi Waktu
: 24 Jam
@ 45 menit
Standar Kompetensi : Melaksanakan
Negosiasi
Kompetensi Dasar
: Memberikan tanggapan terhadap keberatan dari
calon
Pelanggan
(3.1)
Indikator :
1. Landasan
pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan memperhatikan
syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
2. Keberatan dari calon
pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati
3. Target pelanggan
ditenangkan dan dibesarkan hatinya
4. Keberatan calon pelanggan
diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya
5. Setiap keberatan ditampung
dan disalurkan dalam proses tawar-menawar
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran
ini peserta didik dapat :
Pertemuan
1 :
1. menjelaskan tentang
landasan pemikiran negosiasi bisnis
2. manjelaskan syarat-syarat
menjadi seorang negosiator
Pertemuan
2 :
1. manjelaskan teknik dasar
menjadi seorang negosiator
2. memahami kemampuan dasar
yang harus dimiliki oleh seorang negosiator
Pertemuan
3 :
1. menanggapi keberatan calon pelanggan dengan
menunjukkan sikap simpati
2. menanggapi keberatan calon pelanggan dengan
menunjukkan sikap empati
Pertemuan
4 :
1. mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara ditenangkan
2. mengidentifikasi target
pelanggan dengan cara dibesarkan hatinya
Pertemuan
5 :
1. mengidentifikasi keberatan
calon pelanggan berdasarkan jenis keberatan
2. mengidentifikasi keberatan
calon pelanggan berdasarkan tingkatan keberatan
Pertemuan
6 :
1. menampung setiap keberatan
calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2. menyalurkan setiap
keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
II. Materi
Ajar
: Modul Melaksanakan Negosiasi
Pertemuan
1 :
1. Landasan pemikiran
negosiasi bisnis
2. Syarat-syarat menjadi
seorang negosiator
Pertemuan
2 :
1. Teknik dasar menjadi
seorang negosiator
2. Kemampuan dasar yang harus
dimiliki oleh seorang negosiator
Pertemuan
3 :
1. Cara menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap simpati
2. Cara menanggapi keberatan calon
pelanggan dengan sikap empati
Pertemuan
4 :
1. Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan
cara ditenangkan
2. Cara mengidentifikasi target pelanggan dengan
cara dibesarkan hatinya
Pertemuan
5 :
1. Cara mengidentifikasi
keberatan berdasarkan jenis keberatan
2. Cara mengidentifikasi
keberatan berdasarkan tingkatan keberatan
Pertemuan
6 :
1. Cara menampung setiap
keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
2. Cara menyalurkan setiap
keberatan calon pelanggan dalam proses tawar-menawar
III. Metode Pembelajaran :
1. ceramah
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
4. fortofolio
IV. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
A. Kegiatan Awal :
1. Peserta
didik mendengarkan penjelasan topik dan manfaat kompetensi yang akan
dipelajari, guna mengkondisikan dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
2. Pre
test tentang landasan pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syaratnya.
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan tentang strategi pembelajaran serta cara
penilaian yang akan dilakukan terkait dengan kompetensi yang dipelajari.
4. Peserta
didik menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi khsususnya tentang pengertian,
landasan pemikiran tdan syarat-sayarat tentang negosiasi bisnis
2. Menggali
informasi tentang Melaksanakan Negosiasi. Selama diskusi guru mengamati
dan mengarahkan pelaksanaan diskusi. (masing-masing kelompok mendiskusikan
Melaksanakan Negosiasi, hasil diskusi dirangkum dalam laporan)
3. Peserta
didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
Kelompok
1 : membahas pengertian, landasan pemikiran tentang negosiasi
bisnis
Kelompok
2 : membahas tentang syarat-syarat menjadi seorang Negosiator
Kelompok
3 : membahas landasan pemikiran negosiasi bisnis berikut syarat-syaratnya
4. Kelompok
1 mempresentasikan hasil diskusi, dan ditanggapi kelompok lainnya;
5. Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
6. Guru
menyimpulkan dan mengklarifikasi hasil diskusi kelompok.
C. Kegiatan Akhir :
1.
Menyimpulkan pelajaran bersama dengan peserta didik
2.
Memberikan kesimpulan hasil belajar yang
diperoleh peserta diklat (termasuk memperbaiki apabila terdapat kesalahan yang
ditemukan peserta diklat selama proses belajar)
3. Guru melakukan
evaluasi hasil belajar (melalui tes tulis)
4. Membuat
rangkuman hasil belajar secara tertulis, secara individu
5. Peserta didik memperhatikan penjelasan untuk
pembahasan minggu berikutnya;
Pertemuan 2
A. Kegiatan Awal :
1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran , manfaat hasil belajar yang akan
diperoleh peserta diklat dan menyampaikan strategi belajar yang akan diikuti
peserta diklat dalam penggunaan modul.
2. Peserta
didik menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar.
3. Pre
test tentang teknik dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang
negosiator.
4. Peserta didik diingatkan materi
sebelumnya tentang landasan pemikiran negosiasi bisnis dan syarat-syarat
menjadi negosiator
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ” Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Teknik dasar dan
kemampuan dasar menjadi seorang negosiator”
2. Kelompok
2 (dua) mempresentasikan materi tentang teknik dasar dan kemampuan dasar
menjadi seorang negosiator.
3. Kelompok
lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 2 (dua)
4. Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1. Post
test tentang materi teknik dasar dan kemampuan dasar menjadi seorang
negosiator.
2. Membuat
laporan hasil diskusi tentang macam-macam keberatan pelanggan dan cara
mengatasinya dalam bentuk fortofolio
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya.
Pertemuan 3
A. Kegiatan Awal :
1. Pre
test tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap
simpati dan empati .
2. Pemberian
appersepsi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap
simpati dan empati dan mengaitkannya dengan materi yang akan didiskusikan.
3. Peserta
didik menyimak prosedur/lingkup penilaian hasil belajar
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ” Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang
Cara menanggapi keberatan calon pelanggan dengan sikap simpati dan
empati”
2. Kelompok
3 (tiga) mempresentasikan tentang cara menanggapi keberatan calon
pelanggan dengan sikap simpati dan empati
3. Kelompok
lain menanggapi apa yang disampaikan kelompok 3 (tiga).
4. Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1. Post
test tentang materi tentang cara menanggapi keberatan calon pelanggan
dengan sikap simpati dan empati
2. Membuat
laporan hasil diskusi tentang cara menanggapi keberatan calon
pelanggan dengan sikap simpati dan empati dalam bentuk fortofolio
3. Peserta
didik memperhatikan penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya.
Pertemuan 4
A. Kegiatan Awal :
1. Berdoa
dengan tujuan penanaman pembiasaan pada diri Peserta didik bahwa pengembangan
diri hendaknya selaras antara imtaq dan iptek.
2. Peserta
didik dibagi lembar kerja untuk praktik yang akan dilakukan dan penilaian
praktik yang akan dilakukan.
3. Peserta
didik dibagi menjadi 3 kelompok.
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ”mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan”
2. Peserta
didik memperhatikan penjelasan tentang mengidentifikasi target pelanggan dengan
cara ditenangkan
3. Peserta
didik praktik tentang mengidentifikasi target pelanggan dengan cara
dibesarkan hatinya
C. Kegiatan Akhir :
- Tes
praktik (penilaian dilakukan berdasarkan kegiatan praktik yang dilakukan
dan self evaluation dari masing-masing kelompok).
Pertemuan 5
A. Kegiatan Awal :
1.
Pre test tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis
dan tingkatan keberatan
2.
Pemberian appersepsi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan jenis
dan tingkatan keberatan dan mengaitkannya dengan materi yang akan
didiskusikan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik membaca modul ”Melaksanakan Negosiasi khususnya tentang Cara
mengidentifikasi target pelanggan dengan cara ditenangkan”
2. Peserta
didik melakukan diskusi secara berkelompok membahas tentang:
Kelompok 1 : Membahas cara mengidentifikasi keberatan
berdasarkan jenis
Kelompok 2 :
cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan tingkatan
Kelompok 1 dan 2
mempresentasikan hasil diskusi, dan saling menanggapi kelompok lainnya;
3. Presentasi
diakhiri dengan membuat kesimpulan hasil diskusi dengan difasilitasi oleh guru.
C. Kegiatan Akhir :
1. Membuat laporan
hasil diskusi tentang cara mengidentifikasi keberatan berdasarkan
jenis dalam bentuk fortofolio
2. Peserta didik memperhatikan
penjelasan untuk pembahasan minggu berikutnya;
Pertemuan 6
A. Kegiatan Awal :
1. Pre
test tentang menampung dan menyalurkan setiap keberatan calon
pelanggan dalam proses tawar-menawar
2. Peserta
didik diingatkan materi sebelumnya tentang cara mengidentifikasi keberatan
berdasarkan jenis dan tingkatan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta
didik di buat 2 kelompok dengan bermain peran (Roll play), kelompok 1 bertindak
sebagai negosiator, sementara kelompok 2 bertindak sebagai calon pelanggan.
2. Masing-masing
peserta didik mencari pasangan antara kelompok 1 dengan kelompok 2.
3. Masing-masing
pasangan melakukan negosiasi tentang suatu masalah (misalnya masalah Jual beli
Barang elektronik berupa Komputer merk Zyrex)
4. Bermain
peran dibimbing di bawah pengawasan guru
C. Kegiatan Akhir :
-
Klarifikasi hasil diskusi oleh guru
-
Membuat laporan hasil roll play tentang tentang menampung dan
menyalurkan setiap keberatan calon pelanggan dalam proses
tawar-menawar dalam bentuk fortofolio
V. Alat/Bahan/Sumber
Belajar
1.
Alat : - Kotak saran (sugestion
Box)
- Format saran
2.
Bahan : - Keberatan / komplain pelanggan
3. Sumber Belajar : - Modul melaksanakan negoisasi
Penilaian :
a. Tes tulis dengan
(soal essai dan pilihan ganda)
b. Penilaian kinerja dengan
praktik
c. Hasil laporan dinilai (
kebenaran isi (60), kerapian (20), dan tata tulis (20)) = NL
d. Nilai KD = 40 % XNT + 60%
x NL
Pemetaan Penilaian Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pemetaan standar kompetensi ini memudahkan guru
dalam menentukan teknik penilaian.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Ranah
|
||
P
|
S
|
K
|
|||
Melaksanakan Negosiasi
|
Memberikan tanggapan terhadap keberatan dari
calon pelanggan
|
· Landasan
pemikiran dan teknik dasar negosiasi bisnis dipahami dengan
memperhatikan syarat dan kemampuan dasar seorang negosiator
· Keberatan dari calon
pelanggan ditanggapi dengan menunjukkan sikap simpati dan empati
· Target pelanggan
ditenangkan dan dibesarkan hatinya
· Keberatan calon pelanggan
diidentifikasi berdasarkan jenis dan tingkatannya
· Setiap keberatan
ditampung dan disalurkan dalam proses tawar-menawar
|
V
|
V
V
V
V
|
V
V
V
V
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar